Gunung Semeru

DCIM\100GOPRO\GOPR9151.

Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa yang mencapai 3676 mdpl. Selain tinggi, gunung ini juga memiliki keindahan alam luar biasa. Tak heran jika para pendaki pasti punya impian untuk sampai di puncaknya. Tak hanya keindahan di atas, Teman Traveler dapat menikmati keindahan di pos-posnya. Penasaran? Berikut penuturan Kontributor Travelingyuk, My Day Pack tentang jalur pendakian Gunung Semeru.Teman Traveler berangkat dari Malang? Bisa melanjutkan perjalanan menuju Tumpang, yang dikenal oleh para pendaki dengan basecamp. Setelah itu, dilanjutkan menaiki jeep kurang lebih 2 jam menuju Ranu Pani atau Pos 0 pendakian.

Ranu Pani merupakan desa yang berada di kaki gunung Semeru dan masuk dalam kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Setelah tiba di sini, dilanjutkan dengan melakukan registrasi sebelum masuk ke jalur pendakian.Tempat peristirahatan selanjutnya setelah Ranu Pani yakni sebuah danau indah yang berada di tengah jalur pendakian. Namanya Ranu Kumbolo, yang sudah sangat populer di kalangan traveler. Area tepi danau biasa dijadikan tempat untuk mendirikan tenda untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan esok harinya.Pesona di pos ini tak perlu diragukan lagi. Apalagi ketika matahari terbit. Pesonanya bakal menyihir siapapun yang berada di tepi danau di atas gunung ini. Pastikan Teman Traveler membawa kamera dengan isi baterai penuh ya. Sayang sekali jika tak mengabadikan momen indah di sini.Masih terpesona dengan Ranu Kumbolo? Gunung Semeru masih memiliki pesona lain. Lebih tepatnya di jalur pendakian menuju pos selanjutnya.

Namanya Oro-oro Ombo dengan pemandangan padang savana yang luas. Selain itu, ada tumbuhan verbena berwarna ungu yang tumbuh dengan subur setelah musim hujan. Kawasan ini merupakan spot favorit para pendaki untuk berfoto. Girang boleh, tapi jangan sampai merusak apalagi mencabut tanaman ini ya!Pos terakhir sebelum tiba di puncak bernama Kalimati.

Di sini juga merupakan batas terakhir asuransi pendakian, jadi keputusan untuk melanjutkan perjalanan ke puncak tergantung para pendaki. Alasan lain kenapa Kalimati menjadi pos terakhir sebelum summit karena ada sumber mata air yang bisa Teman Traveler gunakan untuk memasak dan bersih-bersih. Jaraknya kurang lebih 30 menit berjalan kaki menuju sumber mata air.Puncak dari gunung Semeru bernama Mahameru dengan ketinggian 3676 mdpl. Dari Kalimati akan melewati jalur hutan sampai batas vegetasi kurang lebih 2 sampai dengan 3 jam perjalanan. Setelah itu lanjut track berpasir kurang lebih 4 sampai 8 jam perjalanan, sesuai dengan kemampuan fisik.Keindahan Gunung Semeru memang tak perlu diragukan lagi. Bagaimana dengan Teman Traveler? Makin penasaran dengan pesona dari gunung tertinggi di Pulau Jawa ini kan? Yuk, mulai nabung dari sekarang, dan jangan lupa untuk mempersiapkan fisik sebelum berangkat.