Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah sebuah kawah dari Gunung Ijen yang memiliki panorama indah dan bisa dikunjungi sebagai objek wisata pegunungan. Pemandangan yang ditawarkan akan memberikan ketenangan tersendiri bagi para wisatawan. Walau pada dasarnya wisatawan perlu mendaki dengan bersusah payah, namun saat berada di puncaknya akan ada pemandangan menakjubkan yang mungkin tidak ada di kawah gunung lainnya.

Salah satu keunggulan dari Kawah Ijen adalah pemandangan Blue Fire. Blue Fire itu sendiri adalah pemandangan api biru dari belerang di Kawah Ijen yang konon katanya hanya ada 2 di dunia. Blue Fire ini hanya bisa dilihat saat hari sedang gelap, alias malam hari. Hal inilah sisi unik dari Gunung Ijen, dimana wisatawan yang ingin melihat Blue Fire harus mendaki mulai tengah malam agar tidak kehilangan pemandangan tersebut.

Selain itu, kawah ijen itu sendiri memiliki panorama yang indah, dengan air dalam kawah yang mirip dengan Kawah Putih Ciwidey Bandung, yaitu berwarna tosca dengan tepi-tepi tebing berwarna putih. Saat pagi menjelang, wisatawan juga bisa berburu pemandangan matahari terbit yang indah dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Karena merupakan wisata gunung, maka suhu di Tempat Wisata Banyuwangi yang satu ini sangat dingin. Apalagi saat malam hari ketika mendaki. Suhu bisa sampai 2 derajad celcius. Maka dari itu, wisatawan harus tetap aktif dalam mendaki. Selama mendaki, bintang dan langit akan terlihat lebih terang sehingga pasti akan bisa memberikan pengalaman baru bagi wisatawan yang hadir.