Karimun jawa

Karimunjawa merupakan kepulauan yang ada di Laut Jawa dan masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Berbicata tentang karimunjawa, akan kita mulai dari nama Karimunjawa sendiri, nama karimunjawa berasal dari legenda Sunan Muria yang memerintahkan putranya ke sebuah pulau yang tampak kremun – kremun dari Gunung Muria untuk memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Kremun – kremun merupakan kata dalam Bahasa Jawa yang artinya samar – samar. Karena tampak “kremun – kremun soko Jowo” pulau tersebut diberi nama Pulau Karimunjawa.

Kepulauan Karimunjawa berjarak kurang lebih 83 km ke utara Jepara. Potensi utama di Karimunjawa adalah keindahan alam bawah lautnya dengan aneka ragam biota laut. Dengan potensi taman lautnya, pemerintah Indonesia menetapkan Karimunjawa sebagai taman nasional sejak tahun 2001 dengan nama Taman Nasional Karimunjawa.

Taman Nasional Karimunjawa terdiri atas gugusan 27 buah pulau kecil. Dari jumlah tersebut hanya ada 5 pulau yang ada penduduknya, antara lain Pulau Karimunjawa, Pulau Genting, Pulau Kemujan, Pulau Nyamuk, dan Pulau Parang. Tiap pulau memiliki keindahan pantai yang menakjubkan. Sedang pulau lainnya, walau tak berpenghuni, namun ke – 22 pulau tersebut tak kalah cantik dengan hamparan pantai pasir putih yang menawan dan sayang untuk kita lewatkan

Wisata Pantai Karimunjawa merupakan jajaran wisata kepulauan yang tidak boleh terlewatkan sedikitpun. Ada banyak pantai yang ada di Karimunjawa yang bisa anda kunjungi. Namun hanya beberapa pantai yang terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Pantai ini terdiri dari beberapa keindahan yang mengumpul menjadi satu. Karenanya anda akan sangat terpukau dan sangat merasa ingin berkunjung kesana lagi kalau masih satu kali. Berikut wisata pantai Karimunjawa yang bisa anda kunjungi:

5 Wisata Pantai Karimunjawa Yang Terkenal Dan Banyak Dikunjungi

  1. Pantai Legon Lele
    Sejarah Pulau Karimunjawa tidak terlepas dari pantai ini. Sunan Nyamplungan yang makamnya berada disini mendarat pertama kali melalui Pantai Legon Lele. Luasnya pasir milik Pantai Legon Lele akan terlihat jika pantai sedang surut. Anda pastinya akan mendapatkan banyak pemandangan memukau saat disini. Selain ketika pagi hari anda bisa melihat matahari yang perlahan keluar dari lautan juga pemandangan lainnya. Letak Pantai Legon Lele memang relatif jauh dan terpencil. Namun hasil dari perjalanan panjang anda yakni berupa keindahan akan menjadi obat mujarab. Obat ini akan menjadi pemuas perjalanan panjang anda yang melelahkan.
  2. Pantai Batu Topeng
    Pantai ini merupakan sebuah pantai yang menyediakan gazebo yang dekat dengan laut. Dengan berada di gazebo ini maka anda bisa melihat sunset. Selain itu pemandangan yang ada di pantai ini akan sangat memukau anda. Jadi jangan sampai anda melewatkan pantai ini. Wisata pantai Karimunjawa ke pantai ini merupakan pantai yang masih sepi. Anda bisa berenang bahkan bisa juga berjemur tatkala sedang melakukan kunjungan ke pantai ini. Selain gazebo dan pinggiran pantai yang tidak ramai maka anda juga bisa berayun di tepi pantai. Coba anda bayangkan saat anda bisa melakukan ayunan di tepi pantai sambil melihat laut. Waw sangat indah sekali dan menyejukkan mata.
  3. Pantai Ujung Gelam
    Pantai Ujung Gelam masih sejajar dengan Pantai Batu Topeng. Anda yang hendak berkunjung kemari bisa juga menyisiri Pantai Batu Topeng. Letaknya berada di ujung Pulau Karimunjawa. Letaknya dekat dengan pusat kota atau Alun-alun Karimunjawa. Kalau anda menggunakan kendaraan roda dua maka anda hanya akan menempuh waktu selama 30 menit lamanya. Spot sunset di Pantai Ujung Gelam merupakan spot sunset terbaik di Karimunjawa. Matahari yang tenggelam serasa dimakan oleh lautan. Oleh karena itulah anda akan bisa menikmati indahnya Pantai Ujung Gelam secara maksimal dan puas sepuas-puasnya.
  4. Pantai Annora
    Letak Pantai Annora berdekatan dengan Tracking Mangrove. Pantai ini merupakan pantai yang memiliki nilai seni yang tinggi. Banyak sekali arsitektur kesenian yang bisa anda dapatkan di tempat ini. Dari mulai meja dan kursinya kemudian ada ayunannya dan juga batang pohon yang indah. Semua arsitekstur kesenian ada di tempat ini. Aksesoris yang ada pun semakin memukau tempat ini walaupun bentuknya sederhana sekali. Semua property yang ada semakin mengindahkan Pantai Annora di mata pengunjung. Anda yang hendak berkunjung kemari akan mendapatkan pemandangan bagus pantai yang bisa dilihat dari atas bukit. Annora selain berupa pantai juga sebuah bukit yang memukau setiap orang yang datang kemari.
  5. Pantai Batu Putih
    Pantai Batu Putih merupakan nama sebuah pantai yang memiliki bongkahan batu besar yang mencuat ke atas berwarna putih. Dari sinilah awal mula nama batu putih digunakan oleh warga setempat. Wilayah pantai ini menyediakan sebuah dermaga putih yang bisa menjadi tempat bermain anda. Anda bisa mengajak keluarga ataupun orang tersayang ke dermaga ini. Bahan baku dermaga yang berasal dari kayu akan memperindah hasil foto yang anda ambil. Wilayah pantai ini selalu bersih dan bening karena belum banyak pengunjung yang datang ke pantai ini. Jika datang ke Karimunjawa maka anda harus berkunjung ke tempat ini. Tempat ini merupakan tempat terindah di Karimunjawa dengan dermaga kayunya.

Wisata Pantai Karimunjawa merupakan tempat wisata paling recommended di Karimunjawa. Kepulauan Karimunjawa memang dikelilingi oleh banyak pantai. Anda harus mengunjunginya satu persatu agar anda mengetahui tentang keindahan pantai ini. Pantai-pantai di Karimunjawa kebanyakan merupakan laut lepas yang bisa menjadi tempat melihat sunset. Karenanya anda jangan sampai melewatkan pantai yang indah ini. Semua pantai di atas harus anda kunjungi agar anda tahu bagaimana sensasi melihat sunset dari masing-masing pantai. Spot foto di sekitar pantai juga bagus sehingga anda bisa mendapatkan banyak foto disana.