Umbul Ponggok

Umbul Ponggok itu adalah mata air yang berada di sebuah Desa Ponggok yang berada di Kecamatan Polan Harjo, Klaten, Jawa Tengah. Menurut cerita umbul itu sudah ada sejak ratusan tahun silam, dan keberadaan umbul Ponggok pada masa penjajahan Belanda berfungsi untuk pengairan perkebunan, dan di tahun-tahun terakhir ini dipergunakan juga untuk tempat wisata air.

Kolam Umbul Ponggok ini memiliki ukuran 50 x 25 meter dengan kedalaman air rata-rata 1,5 – 2,6 meter. Snorkeling di tempat ini Anda tidak perlu takut akan terbawa gelombang, karena di tempat ini bukanlah dilaut melinkan di sumber mata air alami yang segar dan jernih dengan banyak jenis ikan yang hidup di dalamnya.

Kolam di Umbul Ponggok ini berbeda dengan kolam lainnya, dasar kolam ini tidak berupa lantai keramik melainkan masih alami yang berupa pasir dan beberapa bebatuan yang juga berisi ribuan ikan yang mempercantik keindahan kolam.

Meski dipenuhi oleh ikan, namun air di umbul Ponggok ini sangat jernih. Hal ini dikarenakan adanya sumber mata iar alami yang mengalir terus -menerus, sehingga air akan terus jernih dan terjaga kebersihannya.

Di Klaten, Umbul Ponggok menjadi salah satu lokasi wisata yang sangat menarik untuk dicoba. Dibalik jernihnya air, Anda bisa melihat keindahan ikan air tawar. Umbul ponggok Klaten menjadi salah satu tempat snorkeling air tawar terbaik di Indonesia. Saat momen-momen snorkeling di Umbul Ponggok diabadikan dalam sebuah jepretan, serasa seperti ber-snorkeling di lautan.

Bagi anak muda yang hobi snorkeling dan diving pasti sudah cukup mengenal umbul ponggok atau yang sering dijuluki sebagai “Bunaken”nya kota Klaten. Umbul Ponggok sendiri sudah sering dijadikan latihan menyelam bagi yang hobi olahraga snorkeling dan diving. Tapi bagi Anda yang belum bisa berenang, tenang saja. Karena ada pemandu di sana yang mau mengajari dan membimbing Anda untuk bisa berenang.

Sedangkan untuk keluarga dan anak-anak bisa juga menikmati keindahan dan keasikan bermain di kolam ini. Tersedia kolam dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam untuk anak-anak.

salau satu yang menjadi favorit banyak pengunjung di kolam Umbul Ponggok ini adalah membuat kenangan seperti foto atau video di saat melakukan penyelaman di dasar kolam bersama ikan-ikan yang mengelilinga.

Bagi pengunjung yang belum memiliki kamera underwater tidak perlu bingung-bingung, karena di Umbul Ponggok ini Anda bisa menggunakan jasa penyewaan kamera underwater yang sudah termasuk operator kameranya (fotografer).